YANG DILAKUKAN SAAT SERANGAN JANTUNG

Serangan jantung merupakan penyebab tertinggi kematian di Indonesia, tidak hanya menyerang usia tua, penyakit ini juga dapat menyerang berbagai usia. Korban serangan jantung dapat terjadi di mana saja, baik di tempat umum, lingkungan kerja hingga di rumah. Penyakit ini merupakan salah satu kegawat daruratan medis, pertolongan yang segera dapat meningkatkan angka keselamatan pasien korban, namun pertolongan yang terlambat akan menyebabkan harapan hidup penderita menjadi kecil. Berikut akan dibahas mengenai berbagai gejala dan apa yang harus dilakukan saat terjadi serangan jantung.

Serangan jantung memiliki gejala gejala sebagai berikut :
1. Rasa tidak nyaman hingga nyeri hebat pada dada kiri yang disebut dengan Angina. Angina terjadi akibat sumbatan pada pembuluh darah koroner jantung, sehingga otot jantung tidak mendapatkan asupan oksigen yang cukup. Nyeri dirasa seperti ditindih beban berat atau ditusuk. Beberapa orang menggambarkannya seperti ditindih batu besar atau dada seperti diikat tambang yang sangat erat. Ini menyebabkan penderita terlihat sesak nafas, nafas terasa pendek, wajah pucat dan membiru hingga keluar keringat dingin.
2. Nyeri menjalar hingga ke bagian tubuh atas lainnya seperti lengan, bahu, leher, rahang, punggung. Pada tenggorokan dapat berupa rasa tercekik, sedangkan penjalaran ke lengan membuat lengan terasa nyeri, berat hingga tidak dapat digunakan.
3. Gejala lainnya, seperti yang sering dirasakan oleh penderita gagal jantung diantaranya sesak napas, kelelahan, berdebar-debar, mual, keringat dingin, dan pusing atau kliyengan.
Jika seseorang menderita gejala serangan jantung, orang sekitar dapat menemukan penderita dalam keadaan sadar atau tidak sadar.
Jika penderita sadar :
1. Suruh penderita menghentikan segala aktivitasnya. Letakkan penderita dalam posisi duduk dan pastikan bersandar, sehingga penderita tidak perlu menyangga tubuhnya sendiri. Hindari posisi berbaring karena jika penderita kehilangan kesadaran jalan nafas akan terganggu. Hindari menyuruh penderita “batuk-batuk”, karena akan memperburuk keadaannya.
2. Panggil bantuan, dapat meminta tolong orang sekitar untuk menghubungi bantuan nomor RS terdekat atau nomor gawat darurat 118 atau 119. Jika Anda memiliki telepon selular maka Anda dapat langsung menghubungi nomor telepon tersebut.
3. Longgarkan pakaian, serta berikan semangat untuk membantu menenangkan penderita.
4. Tanyakan apakah penderita memiliki riwayat penyakit jantung sebelumnya. Pada orang dengan penderita jantung, biasanya orang tersebut selalu membawa obat emergensinya seperti nitrogliserin yang diletakkan di bawah lidah. Jika tidak mengetahui riwayat penyakit penderita sebelumnya jangan berikan sembarang obat, karena dapat memperberat penyakitnya.
5. Jika keadaan memungkinkan, dimana fasilitas kesehatan mudah dijangkau dan tersedianya alat transportasi, segera bawa penderita ke pusat kesehatan untuk mendapatkan pertolongan secepatnya.
Jika penderita tidak sadar :
1. Segera cek kesadaran penderita, panggil nama orang tersebut.
2. Periksa apakah penderita bernafas atau tidak, jika tidak segera minta pertolongan orang sekitar untuk menghubungi nomor IGD terdekat atau nomor gawat darurat 118 atau 119 sementara Anda menolong korban.
3. Persiapan melakukan Pijat Jantung atau Resusitasi Jantung Paru (RJP). Namun untuk melakukan RJP setidaknya Anda pernah mempelajari atau melakukan pelatihan resusitasi. Jika Anda belum berpengalaman, gunakan kembali telepon selular untuk menghubungi nomor gawat darurat dan selanjutnya mendapatkan arahan mengenai tahapan RJP melalui telepon sampai bantuan tenaga kesehatan datang.
Dengan memahami langkah-langkah terhadap apa yang harus dilakukan saat serangan jantung bagi orang disekitar Anda, diharapkan korban akan mendapatkan pertolongan segera. Pertolongan segera yang Anda berikan akan dapat menyelamatkan nyawa korban serangan jantung.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s