PENIS KURANG KERAS SAAT EREKSI AKIBAT MEROKOK

Banyak pria merokok mengeluhkan adanya gangguan pada saat ereksi, baik ereksi sulit ereksi maupun penis kurang keras pada saat ereksi. Apakah yang menyebabkan gangguan tersebut pada perokok? Simak penjelasan berikut

Mekanisme Ereksi

Ereksi pada pria terjadi karena adanya rangsangan seksual, baik yang berasal dari pancaindera maupun imajinasi. Saat rangsangan tersebut terjadi, otak akan mengolah rangsangan tersebut dan menimbulkan respons berupa pembesaran pembuluh darah penis. Selanjutnya, pembuluh darah dalam penis akan terisi oleh darah sehingga menyebabkan penis mengeras.

Beberapa faktor yang berperan agar penis dapat mengeras dengan maksimal adalah faktor psikologis, kebugaran tubuh secara umum, serta kesehatan sistem saraf, darah, jantung, dan pembuluh darah. Jika ada gangguan pada salah faktor tersebut, kemampuan pria untuk ereksi dengan maksimal akan terganggu. Hal ini sering disebut sebagai disfungsi ereksi.

Efek Merokok pada  Ereksi

Berbagai penelitian di dunia telah membuktikan bahwa merokok dapat menyebabkan gangguan ereksi pada pria. Selanjutnya, para peneliti menelaah lebih dalam lagi untuk menemukan alasan mengapa merokok dapat menyebabkan disfungsi ereksi.

Disebutkan bahwa salah satu mekanisme yang menyebabkan penis pria perokok kurang keras dibandingkan dengan penis pria yang tidak merokok –adalah karena pada perokok terjadi gangguan regulasi persarafan yang mengatur detak jantung. Hal ini menyebabkan pompa darah ke penis kurang maksimal saat terjadi rangsangan seksual, sehingga penis tidak mampu berereksi maksimal.

Selain itu, berbagai radikal bebas yang terdapat dalam rokok dapat menyebabkan tersumbatnya pembuluh darah dalam tubuh –termasuk pembuluh darah pada penis. Hal ini membuat kemampuan pembuluh darah penis dalam menampung darah akan berkurang dan menyebabkan penis kurang keras.

Untuk itu, mulai saat ini berhentilah merokok. Dengan demikian, selain dapat menjaga kualitas hubungan seksual dengan pasangan, Anda pun dapat mencegah berbagai penyakit lain yang dapat disebabkan oleh rokok.

Advertisements

1 Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s