MENYEMBUHKAN BATUK PILEK SECARA ALAMI

Batuk pilek merupakan penyakit yang sering melanda setiap orang. Penyakit ini dapat terjadi sepanjang tahun, terutama pada musim hujan. Batuk pilek paling sering menyerang orang dengan daya tahan tubuh yang menurun, untuk itu diperlikan daya tahan tubuh yang baik dalam mencegah dan mengobati penyakit ini. Ternyata batuk pilaek tidak melulu dioabati hanya dengan obat-obatan, namun ternyata banyak bahan alami di sekitar kita yang dapat membantu menyembuhkan batuk pilek secara alami.

Bahan alami apa sajakah itu?

  • Zink

Beberapa studi menunjukkan bahwa zink dapat melawan virus yang menyebabkan batuk dan pilek. Penelitian menyebutkan bahwa zink dapat menghentikan pembentukan dapat beberapa jenis protein yang dibutuhkan virus untuk berkembang biak. Walaupun zink tidak dapat mencegah batuk dan pilek, namun zink dapat mengurangi durasi pilek hingga 24 jam.

  • Jahe

Tanaman rempah ini telah diteliti mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan membunuh beberapa jenis kuman penyebab penyakit. Oleh sebab itu jahe dianggap mampu menyembuhkan batuk pilek secara alami. Jahe dapat disajikan dalam bentuk minuman yang nikmat.

  • Vitamin C

Vitamin C dalam kegunaannya menyembuhkan batuk dan pilek secara alami dikaitkan dengan manfaat vitamin ini dalam meningkatkan daya tahan tubuh dalam melawan kuman penyebab batuk dan pilek. Sumber vitamin C alami berasal dari sayur dan buah-buahan.

  • Sup Ayam

Sup ayam ternyata bisa membantu penyembuhan batuk dan pilek secara alami. Menghirup uap panas dari sup bisa mengurangi gejala hidung tersumbat. Mengonsumsi sup bisa juga mengurangi cairan yang hilang saat Anda sedang batuk dan pilek.

  • Teh Panas

Fungsinya sama dengan sup ayam. Menghirup uap panas dari teh panas bisa mengurangi gejala hidung tersumbat, dan menelan teh bisa mengurangi gejala nyeri tenggorokan dan menjaga hidrasi Anda. Teh hitam dan teh hijau juga memiliki tambahan fungsi anti oksidant yang dapat mengurangi gejala batuk pilek.

  • Bawang

Bawang sudah lama dikenal sebagai salah  satu tanaman obat. Khasiatnya sebagai antibiotik  alami dijelaskan mampu menyembuhkan berbagai penyakit infeksi termasuk menyembuhkan batuk pilek secara alami.

Demikian beberapa bahan alami yang dapat menyembuhkan batuk pilek secara alami. Selain bahan-bahan alami tersebut, perlu diingat bahwa pada saat Anda terserang batuk dan pilek maka Anda disarankan agar istirahat selama 1-2 hari di rumah. Selain itu jika keluhan tidak membaik dalam 3 hari, sebaiknya Anda segera mengunjungi dokter untuk mendaptkan pemeriksaan lebih lanjut.

Advertisements

1 Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s