PENANGANAN LUKA BAKAR DI RUMAH

Luka bakar dapat terjadi di mana saja termasuk dilingkungan rumah tangga. Ledakan kompor, sengatan listrik, air panas hingga terkena knalpot motor merupakan beberapa kejadian penyebab luka bakar yang biasa terjadi di lingkungan rumah tangga. Untuk itu perlu bagi kita mengetahui bagaimana cara penanganan pertama kejadian luka bakar di rumah. Benarkah pasta gigi atau mentega dapat membantu meredakan luka bakar?

Luka bakar yang dapat ditangani sendiri di rumah ialah luka bakar ringan,yaitu luka bakar yang ditandai dengan perubahan warna kulit menjadi kemerahan dengan atau tanpa disertai gelembung (bullae).

Apabila luka bakar disertai gelembung namun dasar kulitnya berwarna putih, maka sebaiknya setelah dilakukan penanganan awal di rumah segeralah diperiksakan ke dokter untuk mendapakan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut. Jika luka bakar  mengenai alat kelamin, sendi utama tubuh, telapak tangan dan kaki, daerah muka serta adanya kecurigaan panas yang terhirup ke saluran pernapasan dan pencernaan, keadaan tersebut tergolong dalam luka bakar berat yang harus segera dibawa ke Rumah Sakit.

Untuk menangani luka bakar di rumah, lakukanlah langkah-langkah berikut ini:

  1. Jangan panik dan segera jauhkan anggota keluarga yang terkena panas dari sumber panas
  2. Bebaskan bagian tubuh yang terkena panas dari kain atau pakaian yang melekat
  3. Segera dinginkan bagian tubuh yang mengalami luka bakar dengan air mengalir selama 10-20 menit. Jangan gunakan air es ataupun bahan- bahan lainnya seperti pasta gigi, kecap ataupun mentega. Bahan- bahan tersebut justru dapat mengiritasi luka dan menjadi sumber penyebab infeksi pada luka bakar.
  4. Nilai derajat luka bakar, apakah ringan, sedang ataupun berat. Bila luka bakar termasuk kategori ringan, maka pendinginan luka dapat dilanjutkan menggunakan air mengalir selama 20 menit lagi. Namun, bila ditemukan gelembung atau bullae, sebaiknya segera bawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut
  5. Berikan salep pelembab, misalnya salep yang mengandung aloe vera atau lidah buaya pada luka bakar ringan. Pada sebuah penelitian yang dilakukan oleh Visuthikosol V dkk, dibuktikan bahwa gel yang mengandung aloe vera ini lebih cepat menyembuhkan luka bakar dibandingkan dengan salep yang mengandung vaseline.
  6. Lakukan perawatan luka secara terbuka, tidak perlu ditutup kassa.
  7. Untuk menghilangkan nyeri, berikan paracetamol sebagai anti nyeri sesuai dosis yang dianjurkan.
  8. Pastikan selalu menjaga kebersihan daerah luka bakar untuk menghindari infeksi pada luka.

Demikian yang dapat Anda lakukan untuk menangani luka bakar yang terjadi pada anggota keluarga di rumah. Jangan lupa untuk segera mengunjungi dokter jika luka bakar dirasa berat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s