WASPADA BERBAGAI PENYAKIT MUSIM HUJAN YANG SERING MENYERANG KELUARGA

Belakangan ini Indonesia sedang mengalami musim penghujan. Intensitas hujan yang tinggi sering kali membuat daya tahan tubuh menurun serta berbagai kondisi yang menyebabkan lingkungan menjadi media yang sangat mudah untuk perkembangbiakan kuman penyebab penyakit. Hal tersebut menyebabkan kita sangat rentan untuk terserang berbagai penyakit musim hujan.

Berikut akan dibahas beberapa penyakit pada musim hujan yang paaling sering mengintai kita dan keluarga:

ISPA

Infeksi Saluran pernafasan Akut (ISPA) merupakan penyakit musim hujan yang paling sering menyerang manusia. ISPA dapat disebabkan infeksi virus maupun bakteri. Paling sering menyerang orang yang sedang mengalami kondisi tidak fit terutama di musim penghujan ini. ISPA dapat dikenali dengan keluhan demam, batuk, pilek kadang disertai sakit kepala dan sakit di seluruh badan.

Demam Berdarah

Pada musim penghujan sering terdapat berbagai genangan air pada tempat-tempat tertentu seperti bak yang terbuka, talang air, serta berbagai tempat yang dapat menampung air lainnya. Air tergenang tersebut merupakan media berkembang biaknya nyamuk Aedes aegepty penular penyakit demam berdarah dengue (DBD). Gejala DBD diantaranya demam mendadak disertai dengan mual dan muntah, sakit seluruh badan dan terkandang timbul bintik merah pada kulit hingga perdarahan.

Leptospirosis

Merupakan penyakit yang sering menyerang pasca banjir. Leptospirosis ditularkan melalui urine hewan yang mudah terinfeksi bakteri Leptospira seperti tikus dan anjing. Leptospira ditularkan melalui kontak langsung dengan kulit yang memiliki luka dengan air banjir yang terkontaminasi leptospira. Gejala infeksi leptospirosis ini diantaranya demam disertai mual muntah, mata menjadi kuning, sakit seluruh badan serta nyeri di seluruh badan.

Diare

Merupakan frekwensi buang air besar sampai melebihi tiga kali dalam sehari dengan bentuk feses cair. Penyebab tersering diare ialah infeksi yang disebabkan oleh virus dan terkadang disebabkan oleh bakteri. Diare merupakan salah satu penyakit yang sering timbul pada saat banjir dan pasca banjir. Tidak jarang diare dapat menyebabkan dehidrasi berat hingga kematian penderitanya jika tidak mendapatkan pertolongan dengan segera

Infeksi Jamur Kulit

Penyakit infeksi jamur kulit paling sering menyerang manusia pada musim hujan terutama pada saat terjadinya banjir. Infeksi ini seringkali menyerang kedua telapak kaki, sebab kaki merupakan bagian tubuh yang paling sering mengalami kontak langsung dengan air banjir sehingga selalu lembab.

Demikian beberapa penyakit musim hujan yang paling sering menyerang Anda pada saat musim hujan dan banjir seperti saat ini. Menjaga daya tahan tubuh dengan cara mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang dan istirahat yang cukup serta menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan merupakan salah satu cara Anda dan keluarga agar terhindar dari berbagai penyakit di saat musim hujan ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s