MINUM OBAT PENURUN KOLESTEROL ATAU MENGONSUMSI BAHAN ALAMI ?

Di Indonesia angka penderita kolesterol tinggi ialah 27 dari 1000 orang, merupakan sebuah angka yang relatif tinggi dibandingkan negara maju seperti jepang, yaitu 5 dari 1000 orang. Sebelum menyebabkan beragai penyakit kardiovaskular kolesterol tinggi harus segera ditangani. Menurunkan kolesterol dapat dilakukan dengan cara minum obat penurun kolesterol atau mengonsumsi bahan alami yang dapat menormalkan kadar kolesterol tubuh Anda, tentu saja dibantu dengan pola hidup sehat seperti rutin berolah raga dan mengurangi asupan makanan yang mengandung lemak dan tinggi karbohidrat.

Manakah yang terbaik antara minum obatpenurunĀ  kolesterol atau mengonsumsi bahan alami? Inilah yang menjadi pertanyaan banyak orang dalam usahanya menurunkan kadar lemak darah berlebih seperti LDL dan trigliserida. Berikut kami sampaikan beberapa jenis obat kolesterol dan bahan alami yang dapat membantu mengontrol kadar kolesterol Anda.

Obat-Obatan Penurun Kolesterol

  1. Golongan Statin

Merupakan obat penurun LDL atau kolesterol jahat serta membantu meningkatkan kadar HDL atau lemak baik dalam tubuh. Menjadi obat pilihan dalam mengontrol kadar kolesterol darah. Namun obat ini memiliki beberapa efek samping diantaranya gangguan fungsi hati, memory loss yaitu hilang ingatan atau mudah lupa, serta gangguan pada otot. Contoh dari obat ini ialah Simvastatin.

  1. Golongan Fibrat

Berfungsi menurunkan trigliserida. Efek samping dari obat ini ialah sakit kepala, gangguan pada lambung, hingga batu empedu. Contoh dari obat ini ialah Gemfibozil.

Bahan Alami Penurun Kolesterol

  1. Omega 3

Omega 3 telah diteliti memiliki khasiat sangat baik dalam menurunkan kolesterol. Kandungan zat ini paling banyak ditemui pada ikan salmon dan ikan hering. Selain dua sumber tersebut, belakangan ramai dibicarakan mengenai minyak Khrill sebagai sumber utama omega 3.

  1. Makanan tinggi serat

Sumber serat banyak terdapat pada sayur-sayuran, kacang-kacangan, buah, serta gandum. Selain itu tumbuhan mengandung banyak kandungan kolesterol baik, fitosterol, yang sangat baik bagi tubuh Anda.

  1. Makanan tinggi protein

Terutama whey protein. Protein ini dapat menurunkan kadar LDL dan meningkatkan HDL.

  1. Minyak Zaitun

Mengolah sumber makanan dengan minyak zaitun, selain menjadikan makanan lebih nikmat, ternyata dapat mengurangi rsiko meningkatnya kolesterol pada makanan yang Anda konsumsi.

Mengonsumsi bahan makanan alami memiliki banyak keuntungan, selain nikmat dan mudah didapat, sumber makanan tersebut tidak memiliki efek samping yang merugikan bagi tubuh. Selain itu bahan-bahan alami ini juga kaya akan kandungan gizi lainnya yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Dengan demikian tentu saja Anda sudah dapat menentukan antara minum obat penurun kolesterol dengan mengonsumsi bahan alami untuk mengontrol kadar kolesterol darah Anda. Namun jangan lupa, tetap berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter mengenai terapi yang tepat untuk Anda ya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s